Hati-Hati beli BlackBerry

Ngga lepas dari tenarnya BB , banyak cara ditempuh untuk turut mereguk

untung dari penjualan hot item ini.

Ini beberapa fakta baru dilapangan , yang kiranya bisa membantu rekan2 lebih

teliti jika membeli BB.

Beberapa hari lalu, saya kedatangan tamu yang membawa onyx, diminta operator

datang ke saya menanyakan kenapa service bb sudah on tapi gprs tidak jalan.

Setelah di cek, saya simpulkan BB nya suspend, karena dipakai kartu lain

juga tidak bisa on, sedangkan kartu dia memang jalan di bb lain.

Agak aneh juga onyx relatif masih baru sudah suspend, beda dengan 83xx

series yang memang banyak rekondisi dan suspend.

Melihat logo backgroud dan vendor ID , BB tersebut adalah milik telkomsel

(186), saya sarankan datang ke gerai telkomsel di jl. Banda , Bandung untuk

minta replacement.

Besoknya yang punya barang datang lagi, cerita sama Telkomsel claimnya di

tolak, karena dianggap bukan asli barang telkomsel….?

Kemudian saya tanya bawa kelengkapan dan kartu garansinya?

Dia keluarkan…

Duh…

Ternyata pas lihat dus nya palsu dengan print barcode palsu,

Terus kartu garansinya MyG… Telkomsel rasanya bukan myG kerjasamanya,

biasanya AFAIK Malifax.

Trus pas liat DJPT nya MyG nya bukan buat onyx, tapi buah hape china.

Weh ini kelihatannya barang Telkomsel “dipalsuin”

Entah bagaimana barangnya bisa gitu, entah beredar barang2 palsu, atau

memang akal2 an pedagang toko tempat dia beli. :-p

-Kasus ke 2.

Ada teman beli BB tour Sprint baru, kemudian dia minta tolong saya buat

setting prl biar bisa diinject flexi.

Waktu saya lihat, tidak ada MSL codenya, msl code ini semacam unlock ke 2,

untuk masuk ke parameter setting inject.

MSL code BB sprint adalah unik, dia sesuai imei dan meid unitnya, berbeda

dengan verizon yang sudah pasti 000000.

Nah MSL code ini akhirnya dia minta tolong saya untuk dibelikan.

Akhirnya saya belikan ke org amrik yang punya akses ke sprint.

Besoknya saya dapat pertanyaan dari orang Amrik ini, “kamu dapet barang itu

dari mana? karena di Sprint di laporkan bahwa unit yang kamu pegang adalah

barang curian ”

-kecut…..:-)

Jadi akhirnya ngga bisa didapet si MSL code.

Saya menduga banyak barang BB beredar di kita dengan berbagai cara, dan

kemungkinan si tour ini bisa jadi benar curian atau yang punya unit aslinya

sengaja beli paket , kemudian dijual kembali , dan melaporkan barangnya

hilang dicuri.

Saya perhatikan Sprint Tour ini waktu dinyalakan sudah tidak ada Activation

Required. Biasanya barang Sprint ada kalimat tersebut diatas sampe kapanpun

kecuali kita punya msl codenya atau inject cdma.

Jadi kalimat activation required, kemungkinan bisa dipakai jadi salah satu

parameter bahwa itu barang baik2:-)

So Happy WeekEnd…

semoga informasi ini berguna

Sumber: Gadtorade

2 Komentar »

  1. wildan Said:

    Mau tanya neh.
    Beda imei ama meid apa ya?
    Krn di status sy ada imei dan meid dgn no yg beda.
    Tp di kardus, imei yg dicantumkan isinya no meid..
    Bb saya tipe storm 9530.

    Terima kasih

    • bbgroups Said:

      Singkatnya MEID ini adalah 14 digit alfanumerik yang unik sebagai nomor seri dari ponsel CDMA.(sama seperti imei pada GSM, juga 14 digit)

      Secara global, seluruh produk cdma akan berubah dari ESN menjadi MEID.


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

